10 Manfaat nge-Blog

10 Manfaat nge-Blog...
Blog atau dikenal juga dengan sebutan weblog merupakan sebuah situs pribadi yang memuat tulisan-tulisan sebagai konten atau isi pokoknya, di mana tulisan yang sebagai postingan tersebut berisi tentang suatu topik tertentu yang di publikasikan oleh pemiliknya guna mendapatkan reaksi dari pembaca dan diperbaharui secara berkala.
Blog merupakan sebuah media yang paling umum digunakan oleh masyarakat untuk mempublikasikan apa saja yang ingin mereka bagikan, baik itu tulisan, foto, film, dsb. Apakah hanya itu saja manfaatnya? Tentu tidak! Masih banyak manfaat yang lainnya.
Setidaknya ada 10 manfaat yang dapat kita temukan.
Yup, pada kali ini kita akan membahas apa sih sebenarnya manfaat yang bisa kita peroleh dari sebuah blog itu? Memang, tanpa mengetahui secara lebih jelas dan gamblang tentang sebuah hal yang kita kerjakan akan cenderung mengurangi motivasi dan semangat kita untuk melakukannya. Jadi, yuk kita lihat bersama-sama apa saja sih manfaat yang kita peroleh dari aktifitas blogging ini.

Blog merupakan sebuah media yang paling umum digunakan oleh masyarakat untuk mempublikasikan apa saja yang ingin mereka bagikan, baik itu tulisan, foto, film, dsb. Lalu, apakah hanya itu saja manfaatnya? Ooo,, tentu tidak. Masih banyak manfaat yang lainnya. Setidaknya ada 10 manfaat yang dapat kita temukan, antara lain;

Media aktualisasi diri
Blog merupakan tempatnya berbagi. Apa saja bisa kita bagikan! Tentunya berbagi dalam kebaikan ya..?
Dengan memiliki sebuah blog, kita akan mampu membagikan begitu banyak sekali hal-hal menarik yang bermanfaat. Misalnya tentang pengetahuan komputer terbaru, isu ekonomi terbaru, tren berbusana terbaru, dsb. Nah, dengan kondisi yang demikian tentu akan membuat diri kita memungkinkan untuk mendapat sumber-sumber pengetahuan yang bermanfaat hingga akhirnya proses aktualisasi diri kita pun akan tercapai.

Personal branding
Pernahkah kalian membayangkan tentang tokoh atau sosok pribadi yang berkompeten dalam hal tertentu? Misalnya, siapa sih yang terkenal dalam hal masak-memasak, tulis-menulis, atau otomotif dsb?
Dengan memiliki sebuah blog, tentu semua hal di atas akan menjadi mudah. Bagaimana bisa? Karena dengan kita memiliki sebuah blog dan kita menuangkan keahlian apa yang kita miliki dalam blog tersebut, maka secara otomatis hal itu akan membuat personal branding bagi administratornya.
Masyarakat sebagai pembaca akan mengetahui jika kalian memiliki keahlian atau keterampilan dalam bidang tertentu seperti apa yang tercermin dari konten dalam blog. Sehingga, sepintas pun mereka akan dapat mengambil sebuah kesimpulan, “oo,, ternyata si A ini ahli di bidang ini..”
Lalu, apa manfaat nyatanya? Jika kita populer dengan image keahlian tertentu, maka setiap ada permasalahan dan bagi mereka yang bermasalah dengan hal yang kalian kuasai, maka mereka pun akan menghubungi kalian untuk membantu menyelesaikan permasalahannya. Pernahkah kalian diajak untuk menjadi narasumber dalam sebuah topik yang berkaitan dengan bidang yang kalian kuasai guna berbagi ilmu atau pengetahuan? Nah, itulah salah satu manfaatnya!

Media promosi
Tidak dipungkiri lagi jika blog ini mampu menjadi sarana yang paling ampuh untuk berpromosi. Kalian dapat memasarkan produk barang atau jasa apapun ke dalam sebuah blog. Biasanya, banyak para pengusaha yang membuat sebuah blog guna menjadikannya sebagai media promosi online atas produk usahanya untuk memperluas jaringan pemasaran kepada masyarakat.

Menghasilkan uang
Sebuah blog dapat menghasilkan uang?
Tentu saja bisa! Hal ini dikategorikan ke dalam 2 jenis, yaitu direct income dan indirect income. Direct income merupakan penghasilan uang yang kita peroleh dengan cara membuat sebuah blog yang bagus dari sisi kualitas isinya. Lalu, blog milik kalian dipasangi iklan oleh advertiser yang nantinya akan memberikan uang atas sewa tempat untuk menampilkan iklan mereka dalam blog kalian. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan memasarkan produk usaha kalian melalui blog. Tentunya hal ini akan efektif dilakukan setelah kita memiliki sebuah blog yang bagus yang tercermin dengan banyaknya pembaca yang mengunjungi blog tersebut.
Sedangkan indirect income, kita akan mendapatkan penghasilan sejumlah uang dari pembaca yang mengunjungi blog kita. Pembaca datang, melihat dan tertarik dengan blog kita, dan mereka pun akan menghubungi kita untuk membicarakan bisnis selanjutnya.

Media melepas stress
Dalam aktifitas blogging, aktifitas utamanya adalah menulis. Dan berdasarkan sebuah penelitian, ternyata dengan menulis itu dapat meredakan stress! Michele Weldon dalam karyanya write to save your life menuturkan jika menulis jurnal atau buku harian dapat dijadikan sebagai terapi untuk menyembuhkan trauma emosi yang dihadapi. Waow, dari sisi psikologis pun terbukti jika blogging itu sangat bermanfaat bukan?

Dokumentasi online
Blog dapat kita manfaatkan sebagai tempat untuk menuliskan apa saja peristiwa yang berkesan dalam hidup kita. Tujuannya tidak lain adalah sebagai pendokumentasian yang akan bermanfaat untuk kita kenang di masa mendatang. Misalnya saat kita untuk pertama kalinya jatuh cinta. Tentu first love sangat berkesan dan akan selalu terkenang bukan? Nah, tuliskalah hal tersebut dalam blog pribadi kalian agar dapat kalian kenang sebagai suatu hal yang berkesan di masa yang akan datang.

Media berbagi
Inilah fungsi utama dari blog ini. Dengan blog, kita dapat membagikan apa saja yang kita miliki. Bisa dalam bentuk tulisan, foto, video, dsb. Intinya adalah ada begitu banyak manfaat kebaikan yang dapat kita bagikan dari diri kita kepada orang lain, tergantung dari bidang apa yang kalian kuasai. Bagikanlah ide, gagasan, pemikiran, kreatifitas, dan inovasi kalian kepada orang lain agar menjadikan hidup ini menjadi terasa lebih bermanfaat.

Mendapatkan teman baru
Kalian seorang blogger? Apakah kalian sudah mendapatkan banyak teman?
Yup, dengan blogging akan lebih memudahkan kita untuk mencari teman-teman baru yang akan sangat bermanfaat bagi kita. Tentunya kalian sudah tahu sendiri bukan, apa sih manfaatnya kita yang memiliki banyak teman..?
Aktifitas yang menunjukan jika kalian banyak teman adalah banyaknya pengunjung yang membaca blog kalian, saling bertukar link, dan saling menjadi follower. Selain berdampak positif bagi kemajuan blog kita, memiliki banyak teman blogger juga akan membuat jalinan silaturahmi yang kuat dengan teman-teman tersebut yang nantinya akan sangat bermanfaat saat kita menghadapi sebuah kesulitan.

Kebanggaan menjadi seorang blogger
Yup, dengan memiliki sebuah blog tentu akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi kita. Meskipun blog kita itu biasa-biasa saja, tidak begitu bagus dari sisi tampilan desain dan isi potingannya, tapi kita akan tetap merasa bangga dalam hati kita. Apa penyebabnya? Kita merasa selangkah lebih maju dalam dunia internet. Kita akan merasakan jika diri kita telah sedikit lebih mahir dan dapat berbuat banyak dalam dunia internet dengan bukti nyata sebuah blog yang kita hasilkan. Hal lainnya yang tak kalah penting adalah adanya kepuasan pribadi di mana kita dapat membagikan segala kebaikan dalam diri kita kepada orang lain. Rasanya seperti ada kepuasan tak terhingga yang muncul bukan saat apa yang kita bagi-bagikan dalam blog ini ditanggapi dengan baik oleh blogger lainnya? Misalnya postingan kita mendapat banyak komentar, blog kita selalu ramai oleh pengunjung, follower kita terus bertambah, dsb.
Ada semacam kepuasan tersendiri dalam hati meski hal tersebut tidak mendatangkan keuntungan materi bagi diri kita.

Home base kita di dunia maya
Sebuah blog yang kita miliki dapat kita jadikan sebagai sebuah home base kita di dunia maya. Entah itu untuk menunjukan eksistensi kita ataupun dengan dengan maksud yang lain, tapi yang jelas dengan kita memiliki sebuah blog akan lebih mudah dalam memberitahukan semua teman kata jika sewaktu-waktu teman-teman tersebut kita ingin mampir ke rumah online yang sejatinya adalah blog kita tersebut.
Menarik bukan?
Banyak sekali manfaat yang dapat kita terima jika kita memiliki sebuah blog. Mulai dari yang bersifat menguntungkan bagi diri pribadi sampai manfaat sosial yang dapat kita berikan kepada orang lain.
Tertarik untuk membuat blog..? ayo buat sekarang!
Insya Allah blog yang telah kalian buat akan sangat bermanfaat bagi diri kalian maupun bagi orang lain.
Mari menebar kebaikan demi kemajuan kita bersama.
Salam Blogger..!!
Bookmark and Share


Artikel Terkait: