Delapan Cara Mengenali Potensi Diri Kita Sendiri

Delapan Cara Mengenali Potensi Diri Kita Sendiri...
Mengenal potensi kemampuan diri sendiri sangat bermanfaat untuk kita menentukan arah jalan kehidupan, pendidikan dan termasuk pula bidang pekerjaan yang akan ditekuni. Khusus bagi mereka para siswa yang ingin mengambil jurusan kuliah sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa sesungguhnya kelebihan pada diri kita?. 

Ada anggapan bahwa hidup itu tergantung arus air mengalir saja. Sungguh hal itu sangat tidak sesuai, karena dalam hidup perlu ikhtiar, dan usaha yang harus dilakukan dalam hal ini seharusnya menggali potensi diri sehingga kesempatan dan faktor luck mengiringi nasib baik kita di dalam kehidupan. Orang yang tidak kenal potensi diri-nya sendiri, maka sudah akan mampu untuk sampai ke arah kesuksesan, karena salah mengambil keputusan. 

Tulisan di bawah ini merupakan tips sederhana untuk mengenali dan menggali potensi diri. Semoga dapat membantu kita dalam upaya mengenal siapakah diri kita yang sebenarnya???
  1. Kenalilah aktivitas apa yang paling kita cintai. Maka disanalah terdapat potensi luar biasa kita. Aktivitas yang selalu ingin kita lakukan baik dalam keadaan lapang ataupun sempit. 
  2. Kenalilah aktivitas apa yang paling membuat kita begitu asyik. Seolah tanpa bosan melakukannya berlama-lama. Begitu enjoy dan tanpa beban ketika sedang mengerjakannya. 
  3. Kenalilah aktivitas apa yang paling mudah dan cermerlang yang biasa kita lakukan. Biasanya jika kita melakukan aktivitas itu akan bersemangat dan merasa tidak kesulitan. 
  4. Kenalilah aktivitas yang menjadi impian sejak lama. Sebuah potensi terkadang berasal dari impian masa kecil yang menggerakkan alam bawah sadar untuk mewujudkannya. Seperti Burt Rutan yang ketika masih berusia 14 tahun bermimpi dapat pergi ke luar angkasa dan singgah di bulan. Lalu impian itu menjadi kenyataan setelah ia berhasil membuat SpaceShipOne, sebuah pesawat super cepat luar angkasa pertama di dunia. 
  5. Tanyakan pada orang lain tentang potensi yang kita miliki sebenarnya. Agar penilaian yang diberikan lebih bersifat objektif. Terkadang orang lain atau orang terdekat kita lebih mengetahui tentang kemampuan kita ketimbang diri kita sendiri. 
  6. Kenalilah aktivitas apa yang paling cepat kita pelajari. Misal suatu keterampilan yang mudah sekali kita mengerti setelah dipelajari, kemudian kita bisa menekuninya sepenuh hati. 
  7. Kenalilah kecerdasan berganda. Tentu kita sudah mengenal 8 kecerdasan yang sering didengung-dengungkan Kecerdasan menurut Profesor Howard Gardner. Kecerdasan linguistic, visual-spasial, intrapersonal, interpersonal, logic-matematik, bodi-kinestetik, musical, dan naturalis. Dari situlah kita bisa mengenal potensi kita yang sesungguhnya. 
  8. Metode kartu panggilan. Yakni mengelompokkan aktivitas-aktivitas yang kita lakukan dalam tiga kelompok. Kelompok pertama, aktivitas yang sesuai potensi. Kelompok kedua, aktivitas yang meragukan. Kelompok ketiga, aktivitas yang tidak sesuai dengan potensi. Lalu carilah dari kelompok pertama aktivitas yang paling sering dilakukan dan kita menyukainya. Begitulah. Jika kita telah mengenal potensi kita, maka tugas selanjutnya adalah mengoptimalkannya hingga kemudian lahirlah karya-karya luar biasa yang membuat dunia takjub dan terpesona. 
Selamat mencoba dan semoga meraih keberhasilan !. Perlu kita renungkan pepatah bijak berikut ini :
“Tidak ada orang yang paling menderita, melebihi orang yang tumbuh tidak menjadi dirinya sendiri, tumbuh tidak menjadi jasadnya sendiri, dan tidak menjadi pikirannya sendiri” - {Aidh Al Qarni}
Ditulis untuk Rekan-rekanku yang akan mengambil jurusan ke perkuliah. Mudah-mudahan bermanfaat.
Artikel menarik lainnya yang layak untuk anda baca:
Pengertian Sukses
Bookmark and Share


Artikel Terkait: