Layanan Google Reader Akan Dihentikan pada 1 Juli 2013

Layanan Google Reader Akan Dihentikan pada 1 Juli 2013...
Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka secara resmi menghentikan layanan Google Reader. Penghentian layanan tersebut pun akan mulai secara resmi efektif pada 1 Juli 2013.
Dalam pernyataan resminya, Google mengatakan bahwa sebenarnya Google Reader masih memiliki pengguna yang loyal. Sayangnya, mereka mengakui baha pengguna layanan ini terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu.
Selanjutnya, pihak Google memang sengaja untuk memberi waktu kepada para pelanggannya untuk menggunakan layanan ini hingga 1 Juli mendatang. Dengan waktu selama tiga bulan, mereka berharap agar para pengguna layanan Google Reader memiliki waktu yang cukup untuk mengekspor data.
Mengenai pengganti Google Reader, pihak Google juga telah menyarankan beberapa aplikasi serupa. Untuk pengguna BlackBerry, mereka menyarankan agar memakai aplikasi berbasis HTML5. Selain itu terdapat pula aplikasi serupa Google Reader seperti Feedly atau Reedy.
Alan Green, selaku Software Engineer Google mengumumkan lewat blog resmi Google reader, dimana layanan Google reader yang merupakan salah satu layanan RSS Reader online tersebut akan dihentikan mulai bulan Juli 2013 mendatang.
Penutupan layanan Google Reader ini cukup beralasan mengingat pengguna dari layanan ini kian hari terus menurun dan Google akan lebih fokus ke bisnis inti yang selama ini mereka buka.
Jika anda memiliki akun di Google reader, anda bisa melakukan backup terhadap semua data seperti situs mana saja yang anda ikuti dan semua data folower serta folowing dan juga notes akan dapat dibackup melalui layanan Google Takeout. Untuk selanjutnya, data backup (yang berupa file JSON) tadi bisa di-import ke layanan lain yang ada.
Diambil dari berbagai Sumber.
Sumber Utama:  Google Takeout
Bookmark and Share


Artikel Terkait: