Bikin hidup lebih Cerah dengan Ibadah Sunah

Bikin hidup lebih Cerah dengan Ibadah Sunah...

Bikin hidup lebih  cerah dengan ibadah  sunah. Kebayang gak sih hidup kita bisa cerah dengan ibadah sunah?? Kalo di pikir-pikir jangankan ibadah sunah, ibadah wajib pun terkadang sangat sulit untuk di kerjakan.tapi jangan salah looh ibadah sunah yang kita lakukan bisa menambal bolong-bolong yang terdapat pada ibadah wajib kita,otomatis ibadah wajib kita bisa sempurna…
      Hmzz…apalagi bagi kaum wanita…wanita kan sering banget ninggalin ibadah yang wajib, apalagi shalat yang lima waktu karena ada”halangan”. jadi kan ibadahnya banyak yang bolong….tapi jangan takut, Allah itu begitu sayang sama kita karna kita di kasih peluang untuk mengganti atau menambal melalui ibadah-ibadah sunah.
     Rasulullah SAW itu gak pernah looh ninggalin ibadah sholat sunah, apalagi sholah kobliah shubuh yang pahalanya melebihi bumi dan isinya…shubhanallah...
Selain sholat kobliah shubuh ternyata kalo kita mengerjakan sholat sunah 4 rakaat sebelum shalat dzuhur dan 4 rakaat sesudahnya,,niscaya Allah haramkan dia masuk neraka.
      Sholat sunah tuh bukan hanya sholat kobliah shubuh sama dzuhur aja….tapi masih banyak sholat-sholat sunah yang lainnya salah satunya sholat tahajud sama sholat dhuha.
     Pada zaman Rasullullah seorang sahabat yang bernama bilal bin rabah beliau terkenal karena dua hal: selalu sholat dua rakaat setiap selesai adzan dan selalu berwudhu setiap selesai hadats….makanya wajahnya bilal bin rabah selalu barcahaya…looh kok bisa bercahaya????.
Ternyata kalo kita benar-benar punya ibadah sunah yang istimewa akan ada bekas dan ciri yang muncul pada diri kita….mungkin bilal bin rabah wajahnya jadi bercahaya gara-gara beliau suka melakukan perbuatan yang di sunahkan.tak heran kemudian Rasullullah bermimpi mendengar suara bilal di surga …
    Selain bilal bin rabah ada juga sahabat nabi yang bernama Anas bin malik yang menjadi referensi para fuqaha selama tiga zaman karena melakukan semua hal yang di lakukan oleh Rasullullah….
    Kalo kita pikir-pikir dan cermati sunah-sunah nabi yang lainnya (selain shalat sunah),ternyata sunah-sunah nabi itu sangat terkait dengan hidup bersih.contohnya perintah membersihkan kuku, mencukur bulu ketiak, selalu berwudhu. seperti yang di lakukan bilal bin rabah. Sunah nabi itu tidak hanya berimbas pada pahala saja tapi juga kebersihan diri, bersiwak(menyikat gigi) contohnya. sangat erat sekali kaitannya sama kesehatan mulut dan gigi.
    Dalam kitab Ath-thubbun nabawi yang di susun oleh qoyyim di jelaskan manfaat siwak antara lain: Membersihkan mulut, gusi, mencegah pendarahan pada gusi ,menguatkan penglihatan, mencegah gigi berlubang, menyehatkan pencernaan, menjernihkan suara, dan membantu pencernaan makanan memperlancar saluran nafas ,menggiatkan bacaan, dzikir dan sholat, menahan tidur, meridhokan Allah, di kagumi malaikat dan banyak lagi kebaikannya..naahh looh…!!
    Dalam melaksanakan ibadah sunah, hendaknya kita tidak terbatas pada ibadah yang bersifat badaniah dan pribadiah saja.hendaklah kita melengkapi dengan ibadah yang bermanfaat bagi umum, seperi berdakwah, beramar ma’aruf nahi munkar, silaturahmi, berbakti kepada orang tua, mengajarkan ilmu yang bermanfaat dan lain sebagainya. Jangan salah, ibadah-ibadah kiat itu bisa menjadi tawassul (perantara) antara kita dengan Allah.
    Tapi tentu saja Allah akan murka terhadap hambanya yang suka berlebih-lebihan termasuk dalam hal ibadah sekalipun. Jadi, kalo mau shaum sunah lakukan semampunya. Jangan sampai merusak kesehatan atau membuat tubuh kamu kurus kering. Kalo mau sholat malam lakukan sebisanya, jangan sampai bolos sekolah dengan alasan kurang tidur karna sholat malam. Kalau mau bersedekah sesuaikan dengan kemampuan. Walaupun belum di temukan orang miskin karena bersedekah tapi tetep saja semua itu ada hitung-hitungannya. Rasulullah marah ketika mendengar ada 3 orang ahli ibadah yang bertekad akan shalat tahajud setiap malam, akan puasa sunah setiap hari. Ingat pesan-pesan Nabi SAW : “biar sedikit asal berkelanjutan”
Allah berfirman:
“dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah maha melihat apa-apa yang kamu kerjakan.”(Q.S Al-baqarah:110)

Kesimpulan dan Saran:
Banyak-banyak lah melakukan ibadah sunah, karena ibadah sunah itu akan menambal bolong-bolong  yang  terdapat pada ibadah wajib kita yang tidak sempurna. Namun semua ada tahapannya pelan-pelan saja. Mulai dari hal yang sederhana dulu, misalnya shalat dhuha, saum senin-kamis, atau selalu menjaga wudhu seperti bilal bin rabah. Setelah satu persatu amalan mantap dan berkelanjutan, lanjutkan dengan amalan yang besar. Biar sedikit dulu tapi berkesinambungan. Dan inget loh sunah nabi itu gak bikin kita rugi….
sekarang kebayang kan hidup yang lebih cerah dengan ibadah sunah itu seperti apa…????
Millati Endah Sari Dian Sukma
XII IPS B Mu’allimat
Pesantren Persatuan Islam 67 Benda
Kota Tasikmalaya
Bookmark and Share


Artikel Terkait: