Korban Mode, Gimana Dong ?

Korban Mode, Gimana Dong ?...

Bismillah ..
Hei , ikhwan dan akhwat !!
Pernah ga sih kalian semua ngerasa minder dengan penampilan kalian karena di kasih julukan kuper atau katro gara-gara kalian memakai pakaian muslim dan muslimah atau gara-gara ga ngikutin trendy saat ini yang lagi emang ngetrend banget ?? Gara-gara julukan itu pula kalian pasti ada yang pernah mempunyai keinginan buat ngikutin trend dan mode yang selalu berusaha untuk menjadi remaja yang ter-up to date. Keinginan ini justru membuat kita jadi lebih mentingin image dan penampilan.
Zaman sekarang,anggapan seperti ini telah menjadi suatu keharusan untuk berpenampilan trend,up to date ,gaul,bermerk,dsb. Padahal sebagai muslim dan muslimah,kita di larang berpakaian secara berlebihan,lebih baik apa adanya tetapi tetap sopan dan rapi.
Firman Allah :

“Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang baguspada setiap (memasuki) masjid,makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan.Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Hei,friends,meskipun kita seoarang muslim dan muslimah,bukan berarti kita ga boleh gaul atau ngikutin trend,,tapi kita harus tahu batasannya.Berpenampilan sederhanapun asalkan kita bisa menjaga kerapian dan menjaga akhlak kita,Insya Allah deh kita di pandang baik sama orang-orang di sekitar kita.
Dengan anggapan ingin di bilang trendy dan keren,pastinya kalian bakal dikejar trend yang lagi happening banget,kalian di tuntut memakai pakaian yang mahal dan bermerk.Kalo emang mampu sih ya ga masalah,tapi kalo emang bener mustahil buat beli tuh barang-barang,meningan jangan deh.Sayang tuh uang orang tua di abisin cuma buat ketenaran dong.
Sekarang gini deh,sebenernya boleh ga sih kita beli barang-barang yang mahal kaya begitu dan ngikutin trendy??
Sebenernya,kita boleh-boleh aja ko ngikutin trendy,ga ada yang ngelarang juga.Tetapi dengan syarat-syarat sebagai berikut. (simak baik-baik)

1. Merk Bukan Jaminan
Harus kalian ingat,merk bagus bukan berarti kualitas suatu barang juga bagus lhoo..Banyak ko merk bagus tapi cuma tipuan,tetep aja kualitasnya sama aja dengan merk atau kualitas rendah.
Jangan sekali-kali kamu termakan omongan orang-orang di sekitar kamu kalo pakaian yang ga bermerk tuh berarti kita orang ga mampu atau emang ga tau mode. Sekali lagi JANGAN !! . Walaupun pakaian kita ga bermerk seperti  yang lainnya,tetapi kita tetap bisa ngikutin trend dengan cara cari inisiatif buat menutupinya,misalnya cari barang yang bagus tetapi harganya juga terjangkau,dengan kata lain kita harus pintar memilih harga.

2. Siasati Keterbatasan
Banyak banget temen-temen kita di dunia luar sana yang berani menghambur-hamburkan uang orang tuanya untuk membeli barang yang mereka pengenin untuk bisa tampil trendy dan gaul.Mereka meminta uang dengan alasan untuk keperluan sekolah,tetapi kenyataanya tanpa fikir panjang,mereka dengan entengnya menghabiskan uang dengan sekejap. Astagfirullah..
Nah,kita sebagai remaja yang berakhlak dan mengerti keadaan orang tua,jangan sekali-kali berani melakukan hal seperti itu.Jika memang kita ingin membeli sesuatu yang kita pengenin dan kita ga punya cukup uang untuk membelinya,jangan terlalu di paksain deh..Daripada nantinya kita terjerat godaan syaitan dan menipu orang tua seperti yang dilakukan remaja pada umumnya..Jangan sampe yaa.. Hidup apa adanya lebih nyaman koo..

3. Sesuai Sama Kepribadian
Pengen punya barang yang bermerk adalah hal yang wajar dan manusiawi.Tapi kalian harus sadar juga,bahwa merk itu bukanlah segalanya.Pusing mikirin merk yang bagus buat diri kalian?? Duhh,ngapain di pikirin?? Meningan tuh otak di pake mikirin hal-hal yang positif deh,kaya ngadain baksos misalnya.Dengan begitu kalian bisa ko jadi remaja yang keren dan up to date.
Merk terkenal bukan jaminan seberapa oke sih gaya kalian.Jadilah diri sendiri,be my self aja.Jangan pernah ngikutin temen-temen kalian yang emang bisa ngerugiin kalian.Apa yang ada di dalam diri dan otak kalian lebih berharga bagi kalian.Penampilan yang mencerminkan pribadi ini adalah sesuatu yang unik dan bukan basa-basi atau dibuat-buat.Itu namanya keren dan cool !!

4. Be Ur Self
Finally,perlu diingetin lagi,image di mata orang-orang itu sebenernta ga terlau penting buat kita pikirin.Gara-gara pengen punya image bagus,bela-belain beli barang yang emang muahhal banget buat kalian.Pake yang ada aja deh,kalian masih bisa berpenampilan trendy dengan berpakaian rapi dan bersih tanpa merk-merk terkenal.
Intinya jadi diri sendiri aja deh,,



Kesimpulan akhirnya,berpakaianlah apa adanya,sederhana namun rapi,jangan berpakaian atau berpenampilan hanya ingin di lihat,di puji,dan hanya ingin di bilang cakep atau cantik.Ga banget..Berpenampilanlah sesuai syariat Islam.
Rasulullah saw bersabda :

“Sesungguhnya yang paling kutakuti atas kamu adalah syirik kecil,sahabat bertanya,apa syirik kecil itu ya Rasulullah? Beliau menjawab riya. Di hari kiamat nanti Allah akan berkata kepada mereka : “Pergilah kamu kepada orang-orang yang menyebabkan kamu beramal ingin dipujinya,mintalah balasan padanya”. (H.R.Ahmad no.22528)

Syafaah Nuraini Rohtiana
XII IPA B Mu’allimat
Pesantren Persatuan Islam 67 Benda
Kota Tasikmalaya

BIOGRAFI PENULIS

Nama: Syafaah Nuraini Rohtiana
TTL : Sumedang,28 Juni 1994
Alamat: Sumedang
Kelas : XlI Muallimat, Zefinic
Motto: Masalah itu untuk di hadapi bukan untuk di hindari

Bookmark and Share


Artikel Terkait: