Perkembangan Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas SDM dan Kehidupan

Perkembangan Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas SDM dan Kehidupan...

Teknologi merupakan suatu hal yang tidak bias dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Dalam menjalankan tugas kita sehari-hari kita dbantu dengan adanya teknologi, yang dapat mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari.
Beda halnya dengan zaman dahulu yang mana belum ada teknologi seperti zaman sekarang. Kita ketahui pada zaman Rasulullah ketika beliau hijrah dari Makkah ke Madinah dengan sahabatnya, berjarak kurang lebih sejauh 400 km ditempuh dengan menggunakan unta sehingga memerlukan waktu berbulan-bulan untuk sampai ke Madinah. Kemudian laluluntas informasi kala itu berjalan dengan sangat lambat, untuk mengetahui kejadian yang terjadi diwilayah tersebut saja baru dapat diketahui dalam jangka waktu yang tidak bias dibilang sebentar bahkan bias berbulan-bulan lamanya. Kemudian pada waktu itu belum ada listrik, penerangan lampu, pompa air otomatis, televise, computer apalagi internet dan berbagai teknologi lainnya.
Keadaan seperti itu membuat orang-orang yang hiup pada zaman itu harus bekerja keras untuk dapat menyelesaikan pekrjaan-pekerjaan mereka. Mereka akan lebih banyak bergerak dan lebih giat dibandingkan zaman sekarang yang hanya berleha-leha diatas kasur dengan HPnya yang hanya menghabiskan waktu untuk chattingan atau facebookan. Untuk mendapatkan air yang bersih kita hanya perlu alat penyaring air, untuk mendapatkan sepiring nasi kita hanya tahuyang namanya magic com, magic jar tanpa kita tahu proses yang sebenarnya.
Berikut penulis akan paparkan dampak yang terjadi dari perkembangan teknologi dizaman ini.
Zaman serba instan membuat :
Daya tahan tubuh kita lemah
Berfikir yang instan-instan
Contoh : seorang anak yang sedang mengerjakan ulangan sekolahnya lebih memilih jalan pintas yaitu mencontek daripada harus menghafal dengan sungguh-sungguh.
Minimnya etika dan moral
Contoh: seorang anak hanya memperhatikan HP yang ada digenggamannya daripada harus membantu oarng tuanya
- Bebasnya penggunaan internet  membuat seseorang lebih leluasa dalam memenuhi hawa nafsunya
Kriminalitas terjadi dimana-mana
Contoh : pencurian, pencopetan, perzinahan, coret-coret didinding dan lain sebagainya.
Menurunnya kepekaan lingkungan
Menurunnya kesadaran berpartisipasi
Contoh  : orang yang sehari-harinya hidup dengan teknologi kurang bersosialisasi dengan masyarakat sekitar,sehingga membuat kurang kesadaran dalam berpartisipasi dan kepekaan lingkungan.
Pada kenyataannya kita tidak bias menolak atau kontra pendapat akan kehadiran dan perkembangan teknologi, karena memang perkembangan teknologi sudah banyak berperan dalam membantu menyelesaikan masalah-masalah atau pekerjaan kita sehari-hari, namun disisi lain perkembangan teknologi berdampak negative bagi kehidupan kita.untuk itu perlu ada kesadaran dari dirikita agar tidak terlalu bergantung pada teknologi tersebut dan bias berdampak negatif  bagi kita. Pada intinya jika kita menggunakan dengan benar dan semestinya, maka akan berdampak positif bagi kita. Sebaliknya penggunaan teknologi yang salah dan tidak semestinya, maka akanberdampak negatif bagi kita.
Terakhir, bimbingan agama tidak bias terlepas dari seluruh permasalahan yang terjadi di dunia ini, agar kita bias tergolong dalam insan ulul albab.

Cep Gilang & Fityan
X Mu’allimien
Pesantren Persatuan Islam 67 Benda
Kota Tasikmalaya

Bookmark and Share


Artikel Terkait: