Cara Memotivasi Diri Bekerja Maksimal

Cara Memotivasi Diri Bekerja Maksimal...
Mendapatkan hasil yang maksimal perlu dilandasi dengan pekerjaan yang optimal. Ini sudah menjadi rumusan baku bagi siapapun yang ingin menikmati kehidupan dunia dengan penuh warna. Hal penting yang perlu dilakukan adalah dengan cara memotivasi diri sehingga dapat bersemangat dalam bekerja dan mengisi seluruh aktivitas sehari-hari.

Tips di bawah ini pembaca diharapkan dapat menghayatinya dan mengubah pola pikir, dari yang asalnya pekerjaan atau aktivitas keseharian monoton, bete, dan gitu-gitu aja, menjadi lebih berwarna dan memiliki gairah kerja bukan hanya sekedar mendapatkan uang, melainkan mendapatkan kepuasan tersendiri. Seperti halnya bagaimana guru profesional dalam bekerja mereka bisa menikmati aktifitas sehari-harinya memberikan pengajaran kepada anak didiknya.

Berikut cara memberikan motivasi diri agar dapat bekerja dengan maksimal :

  • Pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar prioritas pekerjaan sehari-hari dan list tersebut bukan hanya dibuat tetapi untuk dipatuhi. Dengan membuat daftar prioritas diharapkan dapat membantu anda memilih dan memilah mana saja hal yang lebih penting untuk kita kerjakan.
  • Kedua perlu membiasakan membuat review kerja harian. Sehingga review pekerjaan tersebut dapat membantu kita untuk panduan kerja pada hari berikutnya.
  • Ketiga harus mematikan aplikasi pada gadget atau semacamnya dengan cara menonaktifkan notifikasi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Media sosial dan grup di komunitas terkadang menganggu konsentrasi. Namun apabila perlu dan ingin tetap terhubung, dapat membuat jadwal alokasi waktu saat istirahat saja.
  • Keempat dengan cara menyiapkan respons siap jawab untuk hal yang tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan. Agar tidak dianggap “sombong”, kita bisa mengatur jawaban otomatis pada gadget atau media sosial kita. Misalnya, saya akan menghubungi Anda kembali segera setelah tugas selesai.
  • Kelima memberikan reword diri dengan cara menyiapkan hadiah kecil jika berhasil menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Mendapat hadiah adalah sesuatu yang menyenangkan. Maka, hadiah kecil seperti tiket bioskop, makan di restoran, belanja barang yang diinginkan, bisa menjadi hadiah yang memicu kita untuk menepati target waktu penyelesaian pekerjaan.

Demikian tips yang dapat anda lakukan untuk memotivasi diri agar dapat bekerja dengan maksimal. Mudah-mudahan dengan cara sederhana ini memberikan perubahan yang berarti untuk kehidupan anda. Selamat mencoba dan insya Allah berhasil. 
Bookmark and Share


Artikel Terkait: