Hubungan Antara Iman dan Ilmu

Terdapat korelasi atau hubungan yang sangat erat antara Iman dengan Ilmu. Oleh karena itu berbahagialah bagi orang yang senantiasa memelihara keimanannya serta selalu jadi tambah kuat imannya tersebut dari hari ke hari. Berbahagia pula bagi siapa saja yang senatiasa menambah dan memperkaya ilmu dan pengetahuannya, baik itu pengetahuan syar'i ataupun kauniy. Mengapa sekian? Lantaran, Allah SWT bakal mengangkat derajat orang yang beriman serta berilmu sebagian derajat lebih tinggi seperti firman-Nya dalam Alquran surah al-Mujaadilah ayat 11 : "Allah bakal meninggikan beberapa orang yang beriman di antaramu serta beberapa orang yang di beri ilmu dan pengetahuan beberapa derajat.".

Lalu pertanyaan selanjutnya, kenapa Allah SWT menggandengkan ke-2 kata tersebut, yakni iman serta Ilmu pengetahuan? Lantaran ke-2 kata itu punyai pertalian yang benar-benar erat, dimana seandainya orang jadi tambah ilmunya, seharusnya jadi tambah jugalah imannya, namun menjadi miris ketika tengah banyak berlangsung di zaman smartphone canggih ini beberapa orang yang berilmu, tetapi iman mereka malah menyusut, mereka meniggalkan keharusan mereka sebagai hamba Allah SWT terlebih dalam hal shalat fardlu.

Kelihatannya hal semacam itu udah jadi suatu budaya baru untuk beberapa penuntut pengetahuan di zaman yang serba modern ini, teristimewa untuk negara kita Indonesia yang dimana masyarakat di negeri khatulistiwa ini sebagian besar memeluk agama Allah, yakni Islam, jadi sangat di sayangkan seandainya seseorang penuntut pengetahuan tidak mengetahui apa yang ia bisa serta tidak juga mengamalkan apa yang ia tekuni dan tidak menaikkan keimanannya sedikit juga. Naudzubillah semoga Allah menghindari diri kita seluruhnya serta semua umat Islam dari hal yang benar-benar miris itu. Amin.

Jadi dari itu marilah kita mulai memuhasabah diri kita dari saat ini, sudahkah kita jadi orang yang berilmu serta beriman? Mengapa? Lantaran ke-2 hal semacam itu bakal berguna untuk diri kita didunia ataupun di akhirat kelak serta siapa saja yang berilmu pasti Allah SWT dekat dengannya seperti sabda Rasulullah SAW.
" Tuntutlah pengetahuan, kenyataannya menuntut pengetahuan yaitu pendekatan diri pada Allah Azza Wajalla, serta mengajarkannya pada orang yg tidak tahu yaitu sedekah. Sesungguhnya ilmu dan pengetahuan meletakkan orangnya dalam kedudukan terhormat serta mulia (tinggi). Ilmu dan pengetahuan yaitu keindahan untuk ahlinya didunia serta di akhirat. "
Sudahlah terang firman serta sabda nabi-Nya, karena itu mari kita perbaiki iman serta pengetahuan kita untuk jadi hamba Allah SWT yang dekat serta tinggi di sisi-Nya, serta bakal memperoleh surga Firdaus nantinya di hari akhir kelak. Jadi tuntutlah pengetahuan mulai saat ini, nantinya bakal beguna untuk akhirat serta dunia kita di waktu yang akan tiba.

Tetapi tidak cukup cuma dengan pengetahuan saja, hiasilah keilmuan dengan keimanan pada yang Maha Esa Allah SWT dengan hal tersebut diri serta jiwa kita bakal senantiasa dekat serta senantiasa dinaungi perlindungan Allah SWT.