Berbagi ilmu dan pengalaman tentang Pendidikan, Masalah Agama, Renungan dan Pepatah Sunda

Virus Wannacry Kejahatan Cyber Jaringan Internet Komputer Jenis Malware Ransomware

Virus Wannacry Kejahatan Cyber Jaringan Internet Komputer Jenis Malware Ransomware...
Sebuah kejahatan cyber di jaringan internet telah menyerang komputer yang ada di dunia termasuk Indonesia. Apa dan bagaimana cara kerja Ransomware wannacry yang dapat membuat semua file dan data terinkripsi dan terkunci ini?. Mari kita simak penjelasan dari beberapa ahli mengenai kejahatan cyber yang menyerang seluruh jaringan internet komputer yang ada di dunia.

Malware ransomware merupakan jenis sofware malcius yang cara kerjanya masuk ke dalam system lalu file data yang ada terkunci hingga tak bisa dibuka lagi. Saat komputer terinfeksi virus Wannacry ini tiba-tiba muncul kotak dialog yang meminta bayaran dalam dollar bitcoin untuk dapat kembali membuka file data yang terkunci tadi.

Mengantisipasi serangan virus wannacry dengan antivirus terbaru tidak menjamin bisa teratasi. Pemerintah di seluruh dunia menginstruksikan menangani serangan di hari serangan tersebut dengan mematikan seluruh jaringan komputer ke Internet. Dengan begitu penyebaran tidak sampai fatal hingga mengunci data-data server penting di institusi kesehatan, kemamanan hingga server informasi lainnya.

Aksi serangan virus wannacry ini meski telah beredar sejak hari jum'at 12 Mei 2017 yang lalu namun puncaknya terjadi di awal minggu kerja hari senin 15 Mei. Saat itu banyak pusat informasi terkena wabah virus tersebut.
Saat komputer terserang virus wana decrpt0r 2.0 nampak seperti pada tampilan gambar di atas. Dimana kotak dialog yang muncul menyatakan bahwa data seluruh file di komputer anda have been encrypted. Dijelaskan apa yang sedang terjadi pada komputer tersebut dan printah membayar sejumlah 300 $ bitcoin untuk merecover atau mengembalikan seluruh file sebelum sistem membuang secara permanen. 

Peringatan akan bahaya serangan virus ransomware wannacry ini memicu semua pihak di negara Indonesia. Kominfo dan Kepolisian menyebarkan antisipasi dini akan serangan itu dengan tidak mengaktifkan sementara gadget dan juga perangkat komputer jaringan pada waktu tertentu.

Tercatat 99 negera di dunia serangan cyber malware wannaCry menjadi korban ganasnya serangan tersebut. Fenomena ini menjadi pelajaran betapa lemahnya tingkat keamanan komputer hingga tidak bisa dijebol oleh sistem kemanan negara sekalipun. Padahal pembuat malware wannacry ini paling oleh sekelompok orang yang ingin membuat kekacauan di seluruh belahan negara.

Tips dan cara sederhana paling ampuh menangani atau mengantasipasi virus ransomware Wannacry ini adalah sebagai berikut :

1.Sebelum anda menekan tombol on di komputer personal maupun server pastikan tidak terhubung ke jaringan data di internet.
2. Pastikan anda mencabut kabel data terlebih dulu dan matikan jaringan Wifi sehingga antivirus lokal dan antimalware internasional pada komputer tersebut bekerja dengan maksimal. Disarankan anda memiliki antivirus komputer terbaik yang profesional.

Demikian penjelasan terkait apa itu Virus Wannacry Kejahatan Cyber yang telah tersebar dan bagaimana cara mudah mengatasinya. Semoga bermanfaat menjadi ilmu pengetahuan komputer untuk anda.
Copyright © Asep Iwan Blog . All rights reserved. by aswan blog