Visi Misi Tujuan Yayasan Pesantren Wirausaha dan Bisnis Ekonomi Islam

Sahabat setiap pembaca aswan blog... Journal kali ini bermaksud akan menyampaikan sebuah contoh draf pembuatan konsep pesantren entrepreneur wirausaha bisnis ekonomi Islam. Harapan penulis dengan organisasi masyarakat model seperti itu bisa meningkatkan kesejahteraan perekonomian dan memajukan bangsa dan negara.

Penulis dan team penggagas sedang dalam proses membentuk Yayasan Pesantren Bisnis yang berwarna lain dan berbeda daripada pesantren pada umumnya. Rancangan visi, misi serta tujuan dan beberapa program yang dibuat kurang lebih seperti berikut ini :

'CITRA KARYA' MOSLEM BOARDING ENTREPRENEUR SYSTEM

Visi Yayasan Pesantren Bisnis 
Menjadi sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang menghasilkan generasi pengusaha muslim yang memiliki integritas tinggi, yang mampu bersaing di era global.

Misi Yayasan Pesantren Wirausaha
  1. Menghidupkan semangat Beragama 'Islam' dengan kekuatan ekonomi ummat.
  2. Membentuk komunitas masyarakat muslim yang berkarakter Pengusaha.
  3. Mengadakan kegiatan pembelajaran dan pelatihan pendidikan Agama dan Kewirausahaan secara simultan.
  4. Memaksimalkan sarana teknologi dan media terbaru untuk memahami ilmu dan pengetahuan.
  5. Mencetak kader muslim yang bertaqwa, cerdas dan terampil menggunakan teknologi modern.
Tujuan Yayasan Pesantren Entrepreuneur
  1. Menciptakan pengusaha muslim yang memiliki mindset / pemikiran modern.
  2. Membuat banyaknya lembaga pesantren yang khas membentuk para santri yang jadi pengusaha muslim modern.
  3. Membentuk para santri yang menguasai keterampilan hidup yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
Program Yayasan Pesantren Bisnis
  1. Mengadakan kegiatan belajar mengajar satu jam setiap setelah shalat yang 5 waktu.
  2. Pembekalan ilmu dasar agama (Ushuludin), Tauhid, Syariat dan Akhlak.
  3. Pemahaman materi-materi kewirausahaan dan bisnis profesional.
Draf pembuatan visi, misi dan tujuan itu sangat penting untuk dibuat sebagai landasan utama menjalankan program. Setelah disepakati maka bentuk model yayasan itu akan terwujud sesuai dengan harapan atau keinginan si pendiri Yayasan tersebut.

Banyak kasus terjadi sebuah Yayasan itu dibentuk begitu saja tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu pondasi yang mau ditetapkan. Di perjalanannya Yayasan seperti itu akan timbul berbagai masalah di masyarakat. Dengan begitu maka begitu pentingnya perumusan pondasi utama Yayasan dalam bentuk Visi, Misi, Tujuan dan Program lembaga tersebut.

Niat dan harapan baik itu mestilah dituliskan dan diabadikan. Walaupun ini hanya sebuah contoh atau draf rancangan program visi dan misi Yayasan. Namun harapannya bisa diwujudkan oleh siapapun walaupun tidak oleh penulis.

Demikian saya sampaikan artikel terkait materi bisnis berbentuk contoh rancangan model pesantren khas bisnis entrepreneur atau kewirausahaan. Semoga ini menjadi jariah konsep ilmu yang pahalanya mengalir kepada penulis. Akhir kalam mudah-mudahan Allah SWT senantiasa meridloi dan membimbing kita semuanya. Amiiin.