Tips dan Cara Memahami Masalah

Tips dan Cara Memahami Masalah...
Keadaan tidak nyaman yang menimpa diri kita dan cenderung tidak kita harapkan, kita anggap sebagai masalah. Kita harus mendudukan "masalah" itu pada tempat yang semestinya agar masalah yang dihadapi tersebut dapat kita atasi. Saya share dalam kesempatan ini bagaimana Tips dan Cara Memahami Masalah:
  1. Setiap orang pasti memiliki masalah. Jangan mengira hanya diri kita yang paling susah atau paling menderita, atau paling gak punya apa-apa. Lihatlah ke bawah! ada orang lain yang lebih susah dari kita.
  2. Beberapa masalah muncul karena persepsi (cara pandang) kita yang "bermasalah". Apakah hujan turun lebat merupakan masalah? bagi petani yang sawahnya kekeringan, hujan turun lebih merupakan anugrah, tapi bagi sepasang muda-mudi yang sudah janjian keluar rumah akan menjadi musibah. Jadi, sebuah fakta atau kenyataan adalah netral, bisa menjadi masalah apabila kita salah mempersepsikannya.
  3. Beberapa masalah timbul karena diri kita sendiri. Karena kelalaian dan karena terlalu banyak keinginan (hubbudunya / terlalu cinta dunia dengan berlebihan).
  4. Beberapa masalah terjadi karena dosa-dosa kita terhadap Allah SWT dan terhadap sesama. Masalah tersebut merupakan teguran dari Allah SWT agar kita sadar, atau masalah itu menjadi penghapus dosa kita yang terlalu banyak sehingga Allah SWT memberikan masalah sebagai penghapus akan dosa dan kesalahan kita di dunia. Dengan demikian masalah menjadi anugrah.
Demikianlah Tips dan Cara Memahami Masalah, supaya kita dapat membuka pintu kebahagiaan dunia dan Akhirat.
Bookmark and Share


Artikel Terkait: