Ujian Hidup Berupa Siksa Dalam Al-Qur'an

Fitnah dalam Al-Qur'an mempunyai dua makna; ujian dan siksa. Asal makna katanya itu sendiri adalah "memasukkan emas ke dalam api agar tampak yang bagusnya dari yang kotornya". (Mu'jam Mufradat Alfazh al-Qur'an, ar-Raghib al-ashfahani). Dari makna ini kemudian lahir dua makna; ujian dan siksa. Ujian, karena untuk mengetahui yang bagus dan jelek itu merupakan ujian, dan siksa karena memasukkan sesuatu ke dalam api berupa siksa.

Ujian Hidup Berbentuk Siksaan

Harapan siapapun orang ingin ujian kehidupan itu berbentuk kenikmatan. Tetapi tidaklah demikian ketetapan Allah atas kehendak-Nya. Pertama kali disebut fitnah atau ujian itu dalam rupa keburukan lalu kemudian berupa kebaikan.

Mari kita simak kutipan dalam al-Qur'an, fitnah dalam makna ujian tampak dalam beberapa firman Allah swt berikut ini :

إِذْ تَمْشِىٓ أُخْتُكَ فَتَقُولُ هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَىٰ مَن يَكْفُلُهُۥ ۖ فَرَجَعْنَٰكَ إِلَىٰٓ أُمِّكَ كَىْ تَقَرَّ عَيْنُهَا وَلَا تَحْزَنَ ۚ وَقَتَلْتَ نَفْسًا فَنَجَّيْنَٰكَ مِنَ ٱلْغَمِّ وَفَتَنَّٰكَ فُتُونًا ۚ فَلَبِثْتَ سِنِينَ فِىٓ أَهْلِ مَدْيَنَ ثُمَّ جِئْتَ عَلَىٰ قَدَرٍ يَٰمُوسَىٰ
Artinya : (yaitu) ketika saudaramu yang perempuan berjalan, lalu ia berkata kepada (keluarga Fir'aun): "Bolehkah saya menunjukkan kepadamu orang yang akan memeliharanya?" Maka Kami mengembalikanmu kepada ibumu, agar senang hatinya dan tidak berduka cita. Dan kamu pernah membunuh seorang manusia, lalu Kami selamatkan kamu dari kesusahan dan Kami telah mencobamu dengan beberapa cobaan; maka kamu tinggal beberapa tahun diantara penduduk Madyan, kemudian kamu datang menurut waktu yang ditetapkan hai Musa.(QS. Thaha : 40). 

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Artinya : Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. l(QS. al-Anbiya : 35).

Fitnah dalam Arti Siksa Kemalangan

Sementara fitnah dalam makna siksa terdapat dalam firman Allah swt al-Qur'an :

ذُوۡقُوۡا فِتۡنَتَكُمۡؕ هٰذَا الَّذِىۡ كُنۡتُمۡ بِهٖ تَسۡتَعۡجِلُوۡن
Artinya : Rasakanlah adzab (fitnah) mu itu (QS. Adz-Dzariat : 14). 
اِنَّ الَّذِيۡنَ فَتَـنُوا الۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَ الۡمُؤۡمِنٰتِ ثُمَّ لَمۡ يَتُوۡبُوۡا فَلَهُمۡ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمۡ عَذَابُ الۡحَرِيۡقِؕ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang menyiksa (fitnah) orang-orang beriman baik laki-laki atau perempuan (QS. Al-Buruj : 10).

Kedua makna fitnah sebagaimana diuraikan di atas itu sebenarnya satu hakikat dalam hidup, yakni bahwa ujian itu hakikatnya adalah siksa dan siksa juga pada hakikatnya adalah ujian. Dari siksa tersebut seseorang akan diuji, apakah ia akan bertaubat dan bersabar, ataukah tetap maksiat dan mencabar. JIka yang pertama yang ditempuh, maka ia lulus dan bersihlah dosanya. Tetapi jika yang kedua ditempuh, maka ia tidak lulus dan tetap abadilah dosanya. Tinggal ia menunggu siksa lagi yang akan datang sesuai kehedak Allah SWT.

Dalam hal ini maka firman-firman Allah SWT menegaskan : Apa saja nikmat yang kamu peroleh, itu adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu maka itu dari (kesalahan) dirimu sendiri (QS. An-Nisa : 79). Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu) (QS. As-Syuro : 30). Ayat semakna ada juga pada QS. As-Syuro : 48).

Sayangnya banyak di antara kita yang sebatas memahami ujian hidup sebagai ujian semata; untuk meningkatkan keimanan, memperkuat kesabaran, dan semacamnya. Padahal nyatanya, ujian itu merupakan siksa. Tidak cukup hanya memahaminya sebagai ujian keimanan semata, tetapi harus membuat kita instrospeksi; dosa-dosa apa saja yang selama ini tidak lepas dari kehidupan kita. Hisab secepatnya secara jujur dosa-dosa yang ada dalam diri dan tanggalkan semuanya. Bukan hanya menyabarkan diri terhadap ujian seraya hidup tetap bergelimang dosa. Naudzubillahi min dzaalik.