Wednesday, 11 April 2018

Program Menikmati Shalat Khusu

Program Menikmati Shalat Khusu...
Cara Menikmati Shalat Khusu - Program kegiatan ibadah yang setiap hari wajib dilaksanakan oleh umat Islam adalah Sholat. Dimana ibadah yang satu ini paling tidak 5 kali dikerjakan setiap harinya semestinya tidak menjadi sebuah beban ketika dilakukan. Selain sebuah kewajiban sesunggunya shalat itu merupakan kebutuhan hidup untuk manusia yang ingin selamat di dunia maupun di akhirat.

Rahasia diwajibkan shalat bagi sejak pertama kali diperintahkan Allah SWT melalui baginda Nabi Muhammad ketika Isra Mi'raj tidaklah begitu saja. Seolah ada proses negosiasi antara Alloh dengan Rasululloh dimana pada awalnya disodorkan Shalat untuk Umat Muhammad 50 kali setiap harinya. Atas dasar pengertian dan kebijakan maka perintah Sholat itu 5 x dalam sehari. Ada rahasia dibalik kewajiban shalat untuk umat mukmin ini apabila dikerjakan secara khusu', maka dampak akan segera terasakan tidak hanya sebagai pahala di akhirat, namun juga kenikmatan di dunia.

Orang yang bisa mengerjakan shalat dengan khusyu hidupnya terasa nyaman tentram karena keyakinannya bilamana bertemu dengan Alloh nanti dapat mempertanggungjawabkannya. Manusia yang khusu dan menikmati sholat itu senantiasa berkomunikasi dengan Tuhannya dan tentunya doa dan permintaannya itu bukan lagi dalam urusan keduniawian tetapi lebih kepada keselamatan hakikat kehidupan. Selain itu keutamaan orang yang biasa menikmati sholat setiap hari dengan mengerjakan selalu tepat waktu mereka itu disiplin khususnya dalam hal ketaatan. Karena kedisiplinan dari dampak sholat itulah maka akan berakibat pula kepada menarik peluang dan kesempatan untuk pelakunya.

Maka program yang dapat dilakukan untuk menikmati shalat khusu perlu dilatih oleh setiap insan yang berharap bertemu dengan Alloh tanpa hisaban berat. Apa saja yang dapat dilakukan sebagai latihan menikmati shalat itu ?

1. Lakukan shalat bersama-sama atau berjamaah.
Anda dapat membayangkan dan melihat banyak orang bagaimana rasanya shalat berjamaah di masjidil haram, mereka ada yang menangis, haru dan sebagainya. Terlebih bila imam shalat itu membaca surat atau komando takbir dengan suara yang merdu, tentu akan terasa lebih mendalam dan meresap ke hati.

2. Program memahami doa dan bacaan sholat
Trik selanjutnya mencari tahu arti atau makna dari doa dan bacaan yang diucapkan ketika sholat. Bukan berarti harus bisa bahasa Arab, tetapi paling tidak mengetahui garis besar dari untaian kalimat yang dibacakan. Dengan cara itu nanti dapat mengantarkan komunikasi hati, pikiran kepada lafadz-lafadz bacaan shalat sehingga meresap dan menjadi sebuah kenikmatan tersendiri.

3. Menyadarkan diri atas kelemahan sendiri
Siapapun orang yang tahu bahwa tidak ada manusia yang kuat di dunia ini dan bahkan semua akan berujung pada kematian tanpa kecuali diri kita sendiri, maka akan timbul keseriusan melaksanakan sholat dan meminta kepada Alloh supaya diselamatkan. Tiada kenikmatan yang hakiki kecuali pertemuan nanti dengan Allah SWT. Sebagai manusia yang banyak kelemahan saat datang waktu shalat segeralah ingat kematian, itu bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menikmati solat.

4. Melengkapi syarat dan rukun shalat
Belajar shalat itu tidak akan ada ujungnya, dari mulai kecil praktek gerakan, bacaan, arti, doa-doa dan kemudian hingga akhir hayat terus perlu dipelajari mengenai kekhusuan solat. Syarat dan rukun shalat dapat secara cepat dipelajari, namun perihal menikmati kehusyuan sholat itu hanya dapat dilakukan dengan cara terus menerus tanpa henti hingga setiap sholat dilakukan dengan nikmat karena kerinduan dan bahkan menjadi sebuah kebutuhan.

5. Progam kita butuh Shalat
Bila saja seseorang menempatkan shalat ibadat hidangan minuman segar yang siap diseruput tentu akan berbeda dengan orang yang hanya minum sekedar melepas dahaga saja. Keutamaan shalat yang berdampak pada fisik dan fsikis manusia itu akan terasa bila dinikmati secara perlahan penuh dengan perasaan. Nikmatilah shalat itu dengan ibarat meminum air segar di saat dahaga secara perlahan, dan bacaan shalat kalimat per kalimatnya yakini sebagai cara kita berkomunikasi langsung curhat kepada Allah.

Demikian diantara cara atau program yang dapat dilakukan untuk menikmati shalat khusu. Semoga artikel agama ini dapat menjadi wasilah penghantar referensi mendalami hakikat kehidupan melalui shalat yang bukan hanya merupakan kewajiban tetapi menjadi sebuah kebutuhan untuk hidup manusia.

Related Posts

Program Menikmati Shalat Khusu
4/ 5
Oleh