Mengulas Arti Human Capital dan Organizational Capital

Bisnis apapun itu sangat membutuhkan Capital (baca; modal). Namun arti kata modal ini tidak boleh diartikan sempit bahwa modal itu hanya 'Uang' saja. Padahal diantara sekian CAPITAL yang paling utama kali harus dimiliki dalam membangun sebuah bisnis adalah Human Capital dan Organizational Capital.

Human Capital atau dalam pengertian bahasan Indonesia 'Modalitas Manusia' merupakan faktor pertama dalam mewujudkan sebuah usaha sukses. Sebutan lain untuk istilah Human Capital ini dikenal dengan SDM atau Sumber Daya Manusia. Potensi yang ada dalam diri kita itulah modal paling penting untuk memperoleh suatu bisnis atau usaha. Kemudian orang di sekitar kita, seperti rekan kerja, partner kerja, pekerja dan seterusnya, mereka pun merupakan Human Capital.

Organizational Capital dalam istilah bahasa Indonesia disebut 'Modalias Organisasi'. Perusahaan bisnis apapun itu sangat membutuhkan konsep bagaimana membangun modal organisasi perusahaan tersebut. Seperti halnya dalam modalitas orang, modal organisasi perusahaan itupun tidaklah harus berupa aset harta atau uang. Justru yang paling utama dalam modalitas perusahaan itu memiliki para pekerja / karyawan yang loyal yang saling bantu bekerjasama satu dengan lainnya dalam mewujudkan tujuan perusahaan.

Human Capital dan Organizational Capital

Artikel yang sedang anda baca ini mengulas arti dan peredaan antara Human Capital dan Organizational Capital dalam materi bisnis. Dengan mengetahui ini diharapkan menjadi referensi untuk pembaca dalam merumuskan konsep usaha Anda. Karena : Bisnis tanpa konsep tidak akan bertahan lama.

Apa saja unsur Human Capital / Modalitas SDM ?

Setidaknya ada hal yang menjadi standar ukuran human capital yang dimiliki suatu organisasi perusahaan.

  1. Skill / Keterampilan.
  2. Ability / Kemampuan
  3. Expertise / Keahlian
  4. Knowledge / Pengetahuan
  5. Attitude / Sikap moral / akhlak
Bagaimana cara membangun Human Capital itu? Pengalaman itu tips utama dalam hal meningkatkan modalitas seseorang. Dan pengalaman itu setidaknya dipengaruhi oleh dua faktor, : PENDIDIKAN dan LATIHAN. Maksudnya tidaklah berarti yang pengalamannya lama itu mempunya modalitas SDM yang tinggi, tetapi seberapa kuat dia menjadi manusia pembelajar dan sering melakukan latihan dalam hidupnya. Dialah yang memiliki Human Capital yang besar dalam dirinya.

Apa itu Organizational Capital

Organisasi suatu perusahaan itu merupakn wadah kumpulan orang-orang yang bekerjasama satu sama lain dalam mewujudkan visi misi dan tujuan perusahaan tersebut demi merealisasikan kebutuhan masing-masing orang tersebut. 

Bentuk perusahaan dalam managemen pengelolaannya setidaknya ada dua model sistem : KEPEMIMPINAN dan KEPENGURUSAN. Struktur organisasi perusahaan kepemimpinan itu bersifat instruksi dari atas. Sementara perusahaan yang menerapkan 'Kepengurusan' seluruh instruksi dan gagasan ide perusahaan hanya dari seorang owner atau pemilik perusahaan saja.

Apa saja faktor yang menjadi modalitas organisasi perusahaan atau Capital Organizational itu. Setidaknya unsur berikut ini yang menjadi ukurannya :

  1. Culture / Kebiasaan, adat budaya kerja
  2. Leadership / kepemimpinan
  3. Collaboration / Kerjasama
Perusahaan yang mempunyai modalitas besar dalam konsep bisnis ini, yang memiliki kultur budaya lingkungan kerja yang dikelola dengan baik. Kemudian mempunyai sistem kepemimpinan yang terorganisir dipatuhi oleh semua personalia atau karyawan. Dan juga perusahaan itu punya sistem kerjasama di dalam dan ke luar perusahaan dengan baik dan dapat dipercaya oleh siapapun atau organisasi luar manapun.

Demikianlah ulasan mengenai Human Capital dan Organizational Capital dalam konsep bisnis atau perusahaan. Semoga menjadi referensi untuk anda yang sedang berbisnis, usaha wiraswasta, UMKM, pemilik CV dan seterusnya. Mudah-mudahan bermanfaat.