Hikmah Puasa / Shaum dalam Syariat Islam bagi Manusia

Hikmah Puasa / Shaum dalam Syariat Islam bagi Manusia...
Dienul Islam mengatur berbagai aspek kehidupan serta tata aturan hidup yang semestinya dijalani oleh setiap manusia hidup di dunia ini. Kewajiban puasa / shaum diyakini memberikan dampak dan hikmah yang baik bagi manusia. Sehingga bila diperhatikan secara seksama dari mulai bagaimana cara sahur dan berbuka ternyata berdasarkan penelitian dari sisi kesehatan ataupun dari segi mental dan psikologi, ternyata shaum itu menyehatkan manusia.

Ayat dalam Al-Qur'an yang mewajibkan puasa untuk setiap manusia yang mengaku mukmin / beriman kepada Alloh SWT terdapat dalam QS. Al-Baqarah ayat 183-187. Dasar landasan ayat perintah shaum Ramadhan disampaikan oleh Alloh dengan redaksi ayat Al-Qur'an sebagai berikut:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
"Hai orang yang beriman! Telah diwajibkan kepada kamu shaum sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu, supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (QS. Al-Baqarah : 183).
Kata mewajibkan / diwajibkan pada ayat di atas disampaikan dengan kata "kutiba" dimana dasar arti dari arti kata tersebut adalah menulis/mencatat. Artinya ditegaskan bahwa shaum itu telah dicatat sebagai kewajiban sebelum datangnya perintah melalui ayat tadi, bahkan bukan hanya untuk ummat Nabi Muhammad dan juga berlaku untuk ummat sebelumnya seperti Nabi Daud dan mungkin Nabi Isa atau bisa jadi sejak manusia diciptakan telah diharuskan untuk berpuasa.

Melalui kalimat "sebagaimana diwajibkan sebelum umat Muhammad" dapat diartikan paling tidak dua hal penting yang dapat kita simpulkan :
  • Pertama bahwa shaum / puasa itu sangat penting bagi manusia
  • Kedua, bahwa ritual shaum itu sebenarnya "Berat" sehingga diimformasikan oleh Alloh bahwa umat sebelum kamu juga melaksanakannya juga.
Akan tetapi yang perlu menjadi motivasi utama dari Puasa Ramadhan itu bagi manusia memiliki hikmah dibalik perintah shaum dalam syariat hukum Islam yang perlu kita ketahui bersama. Namun itu semua dengan catatan sesuai dengan aturan dan tata tertib hukum yang benar. Rahasia hikmah dibalik diwajibkan puasa itu diantaranya sebagai berikut :

Shaum bertujuan melatih dan Menidik manusia mukmin menuju derajat MuttaqienInilah tujuan paling utama disyariatkan puasa yaitu membentuk manusia menjadi pribadi yang bertakwa. Taqwa merupakan derajat paling tinggi yang mesti diraih oleh setiap orang beriman.

Puasa berdampak baik untuk kesehatan Para pakar kesehatan telah membuktikan dengan nyata bahwa shaum untuk manusia dapat menjadi cara untuk proses tubuh menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu pula dengan shaum dapat menyegarkan pencernaan serta mensterilkan kembali usus-usus, menghilangkan toksik / endapan sisa makanan yang tidak hancur, serta dapat juga menjadi solusi untuk mengatasi kegemukan dan kelebihan lemak pada perut.

Shaum sangat baik untuk fungsi kesehatan otak manusiaMelalui puasa manusia dilatih untuk mengendalikan nafsu dan menanamkan sikap sabar. Hal itu sangat berhubungan dengan kesehatan dan fungsi otak manusia. Orang yang sedang shaum secara tidak langsung mengatur cara makanan, serta senantiasa berpikir positif, berpikir optimism, serta tawadhu dan berbuat secara ikhlas.

Puasa dapat menjadi terapi detoksifikasi Sejarah peradaban manusia mengakui bahwa telah lama terapi detosifikasi dilakukan hanya dengan cara puasa, melalui shaum tersebut manusia membatasi kalori yang masuk dalam tubuh sehingga hal tersebut akan menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Melalui puasa yang baik hikmah yang dapat diperoleh berakibat baik untuk peremajaan serta pergantian sel-sel tubuh yang rusak diganti dengan yang baru, peremajaan akan lebih cepat dengan shaum berturut-turut selama bulan Ramadhan.

Shaum untuk pengendalian Nafsu Nafsu tidaklah boleh dimatikan, namun perlu dikendalikan. Melalui shaum hikmah yang dapat dipetik diantaranya agar tidak berlebihan baik dalam makan maupun minum dan juga menggauli isteri. Hal yang berlebihan akan mendorong nafsu berbuat jahat, tidak mau mensyukuri nikmat.

Puasa melatih hati agar selalu berfikir dan berdzikirSemestinya dengan kegiatan shaum manusia dapat berfikir dan berdzikir sesuai dengan tuntunan yang disyariatkan oleh Agama Islam. Dengan demikian nanti akan diraih ketenangan, ketentraman dan kenikmatan dalam mengarungi kehidupan yang fana ini.

Shaum melatih sikap positif seperti disiplin, persatuan, ukhuwah, cinta keadilan dan persamaanPersaudaraan antar umat Nabi Muhammad dapat ditanamkan melalui kegiatan bersama saat puasa. Banyak kegiatan amalan sosial dilakukan pada bulan tersebut sehingga melahirkan perasaan kasih sayang dalam diri orang-orang beriman dan mendorong saling berbuat kebaikan antar manusia. (Shaum momentum peningkatan ukhuwah)

Demikian penjelasan terkait Hikmah Puasa / Shaum dalam Syariat Islam bagi Manusia yang mudah-mudahan dapat menjadi referensi untuk anda.
Bookmark and Share


Artikel Terkait: