Usaha Sukses Meraih Bahagia

Usaha Sukses Meraih Bahagia...
Pertanyaan yang sering diajukan meski dalam hati diantaranya adalah usaha apa yang dapat dilakukan untuk meraih "sukses"? dan bagaimana caranya mendapatkan "kebahagiaan" dari kesuksesan tersebut?. Inti dari keduanya tersebut sebetulnya ada pada perbuatan / aktivitas sehari-hari serta sikap hati dalam menerima hasil dari pekerjaan itu.

Berbagai usaha dilakukan tapi tidak kunjung mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan, hal itu dapat menjadi masalah bagi seseorang. Karena sering kali orang mendefinisikan masalah / problem dengan batasan "Ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan". Padahal tidak setiap target yang ingin dicapai harus terlaksana sebagaimana dalam fikiran kita sebelumnya. Oleh karena itu masalah terjadi tergantung kepada siapa menimpanya.

Kesadaran harus dimunculkan dalam Fikiran bahwa manusia itu hidup di bawah takdir Allah Yang Maha Kuasa. Bila sesuatu terjadi boleh jadi hal tersebut sesuatu yang terbaik untuk kita. Namun dapat juga sesuatu yang baik menurut manusia belum tentu baik di pandangan Allah SWT.

Memacu usaha agar semangat dan meraih sukses hingga mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat harus dilakukan dengan sepenuh hati. Tulisan ini dapat menjadi tips atau cara meraih kesuksesan dalam berusaha / ikhiar dengan dasar kebahagiaan :

Pertama: Bekerja Profesional / Expert ; menjadi seorang ahli pada bidang yang ditekuni.
Seorang ahli biasanya menjadi sumber rujukan bagi siapa saja yang ada di sekelilinya. Dia akan dibutuhkan dan dirindukan setiap orang. Bila anda seorang pelajar maka harus ahli dalam belajar, bila aktifitas anda pekerja kantor harus menjadi paling ahli dalam bidang yang anda lakukan, atau bila anda sebagai pedagang harus paling ahli dalam hal pemasaran.
Mereka yang ahli akan bekerja profesional, dia tidak selalu berorientasi pada hasil akan tetapi pada proses yang ditekuninya. Melakukan pekerjaan sepenuh hati dan sangat menyukai tantangan ketika ada masalah yang terjadi pada pekerjaannya itu.
Hal-hal yang perlu dijauhi untuk menjadi seorang profesional dan ahli dalam bidang yang digeluti diantaranya tidak pernah mengeluh, tidak pernah cape atau lelah dan cirinya mereka mengerjakan dengan perasaan bahagia. Perasaan senang ketika menghadapi tantangan dalam pekerjaan / usaha perlu dipupuk dan ditanamkan ke dalam otak dan fikiran. Sebab bila hawa nafsu negatif selalu membisikan keluhan ke dalam fikiran maka akan berakibat pada proses pekerjaan yang dilakukan, sehingga selamanya tidak akan menjadi seorang yang Ahli. Oleh karenanya marilah kita berusaha menjadi seorang yang profesional / ekpert dalam usaha yang sedang kita lakukan.

Kedua: Optimalisasi Fisik, Fikiran dan Mental 
Meraih sukses dan bahagia semestinya menyeimbangkan ketiga hal berikut: Fisik, Fikiran dan Mental. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memotivasi diri untuk bekerja profesional. Dorongan usaha bisa didapat dari motivasi Nabi, pepatah, nasihat sukses, kata bijak dan lain sebagainya. Sehingga dengan motivasi tersebut dapat bekerja dengan cara: Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas.
Agar kita dapat bekerja keras tentunya harus mengoptimalkan fisik agar selalu fit. Biasakan untuk selalu menjaga kebugaran, kesehatan tubuh, dan selalu olahraga. Selanjutnya untuk meraih sukses diperlukan "Kerja Cerdas", sebelum dilakukan dengan anggota tubuh terlebih dahulu otak kiri dan otak kanan harus bekerja bagaimana agar pekerjaan tersebut selesai dengan cara yang kita sukai. Ciri orang yang melakukan kerja cerdas dia selalu fokus dan menikmati pekerjaannya / usahanya tersebut.
Terkahir usaha Ikhlas perlu ditanamkan ke dalam hati dengan cara latihan spiritual. Gambaran kerja Ikhlas pada diri seseorang dapat terlihat pada raut wajahnya, Dia akan melakukan usaha selalu dengan senyuman dan selain itu tidak pernah berbuat negatif kepada teman / rekannya.

Ketiga: Memberikan Manfaat Untuk Sekitar
Kesukesan tanpa kebahagiaan sangat tidak berarti, tak sedikit hartawan yang hidupnya hampa dan dia tidak menikmati kesuksesannya tersebut. Banyak kasus di dunia yang menyatakan bahwa kekayaannya yang banyak, akan dirasakan bahagia ketika dia dapat berbagi kepada sekelilinya. Katakanlah pemilik perusahaan software computer Bill Gate yang mendonaturkan separuh kekayaanya untuk panti sosial hanya untuk mendapatkan kebahagiaan.
Sesungguhnya cara untuk memberikan manfaat untuk sekitar lingkungannya tidaklah harus dengan cara memberikan materi saja. Bisa juga dengan mencurahkan ide, fikiran, waktu dan kesempatan untuk memajukan semua yang ada di sekelilingnya sehingga mengetahui makna Syukur atas jerih payah usaha yang telah dilakukan.

Demikian tips atau cara yang dapat dilakukan agar usaha yang dilakukan mendapatkan kesuksesan dan sekaligus meraih bahagia. Itulah sesungguhnya yang didambakan dan dicari manusia manapun juga. Mudah-mudahan Allah selalu membimbing kita semuanya meraih sukses bahagia. Amin
Bookmark and Share


Artikel Terkait: