Tips Menjaga Kesehatan Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Tips Menjaga Kesehatan Saat Melaksanakan Ibadah Haji...
Ibadah haji yang bertahun-tahun direncakan tentunya dalam pelaksanaannya tidak ingin dilewati begitu saja. Terlebih bila kondisi badan yang telah berumur perlu kiranya aspek kesehatan diperhatikan agar fit selama melaksanakan ritual ibadah haji nanti. Tak sedikit jamaah haji yang sakit di tanah suci yang menyebabkan beberapa rukun ibadah haji tertinggal dan harus mengeluarkan diyat untuk membayarnya. Sebab itu sangat perlu mengetahui tentang bagaimana menjaga kesehatan fisik waktu ibadah haji atau umroh di Makah.

Saat melaksanakan ibadah haji di tanah haram ada banyak aktifitas yang harus dikerjakan baik di mesjidil haram maupun di luar peribadatan. Oleh karenanya perlu dipersiapkan juga persiapan khususnya dalam menjaga kesehatan fisik saat berada di makkah. Hal itu dilakukan pada aspek menerapkan kebiasaan pola hidup sehat sejak di rumah atau kampung halamannya.

Begitu banyaknya jumlah jamaah haji yang datang dalam waktu bersamaan di tempat yang sama dengan latar belakang daerah negara dari berbagai penjuru benua, tak akan menutup kemungkinan perbauran itu terjadi penularan virus melalui udara ataupun kontak kulit satu sama lainnya. Sehingga vaksin yang tertanam dalam tubuh pun tidak akan menjamin kekebalan tubuh seorang jamaah haji. Diperlukan kekebalan tubuh yang datang dari dalam diri berupa persiapan dengan menerapkan kebiasaan olah raga jauh-jauh hari sebelum berangkat ke tanah suci.

Selain itu kondisi iklim cuaca yang sangat berbeda dengan di tanah air mempengaruhi faktor kesehatan jamaah haji. Bagi yang memiliki daya tahan tubuh kuat pastinya mereka akan dapat bertahan dengan suhu teriknya panas. Apalagi saat cuaca ekstrim di kota makah akan banyak peserta ibadah haji yang sakit karena dehidrasi, kelelahan atau semacamnya.

Tips sederhana untuk menjaga kesehatan agar tubuh fit selama melaksanakan ibadah haji kiranya harus dimulai jauh hari sebelum pemberangkatan tiba. Hal pertama cara menjaga kesehatan dalam beribadah haji adalah menerapkan kebiasaan positip berupa Pola Hidup Bersih dan Sehat atau yang disingkat dengan istilah PHBS.

Perilaku kebiasaan sehari-hari di tempat beribadah haji nanti di tanah haram, kota Makah maupun Madinah perlu memperhatikan aspek hidup sehat ketika berhaji berikut ini :
1. Makan Konsumsi memiliki nilai Gizi, protein dan mineral yang cukup.
2. Memelihara kebersihan tubuh dan biasakan mencuci tangan sebelum makan.
3. Minum air mineral sekurang-kurangnya 2 liter sehari.
4. Menghirup udara segar dan gunakan masker di area yang berdebu.
5. Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
6. Alokasikan istirahat di hotel / pemondokan dengan tidur yang cukup setiap hari.
7. Hindari kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan seperti merokok.

Demikian diantara tips cara memelihara kesehatan saat melaksanakan ibadah haji agar memperoleh gelar mabrur. Semoga dengan itu ibadah haji yang dilaksanakan diterima di sisi Alloh SWT. Amin

Artikel yang baru anda baca ini : tips memelihara kesehatan saat ibadah haji, ditulis pada bulan agustus beriringan dengan tibanya hari kemerdekaan Republik Indonesia.
Bookmark and Share


Artikel Terkait: